Background

Dari Sulawesi Utara

Kabupaten dan Kota

No.Kabupaten/KotaIbu kota1Kabupaten Bolaang MongondowKotamobagu2Kabupaten Bolaang Mongondow SelatanBolaang Uki3Kabupaten Bolaang Mongondow TimurTutuyan4Kabupaten Bolaang Mongondow UtaraBoroko5Kabupaten Kepulauan SangiheTahuna6Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang BiaroOndong Siau7Kabupaten Kepulauan TalaudMelonguane8Kabupaten MinahasaTondano9Kabupaten Minahasa SelatanAmurang10Kabupaten Minahasa TenggaraRatahan11Kabupaten Minahasa UtaraAirmadidi12Kota Bitung-13Kota Kotamobagu-14Kota Manado-15Kota Tomohon-

Media Cetak

Radio Komunitas =

  • Wanuata FM Tatelu

Makanan Khas Sulawesi Utara

Penduduk Sulawesi Utara terdiri atas tiga kelompok etnis utama, masing-masing Suku Minahasa, Suku Sangihe dan Talaud, dan Suku Bolaang Mongondow, Masing-masin.
bahasa di provinsi itu terbagi dalam Bahasa Minahasa ( Toulour, Tombulu, Tonsea, Tontemboan, Tonsawang, Ponosakan dan Batik); Bahasa Sangihe Talaud ( Sangie Besar, Siau, Talaud); dan Bahasa Bolaang Mongondow (Mongondow, Bolaang, Bintauna, Kaidipang).
Masyarakat Sulawesi Utara didominasi oleh Suku Minahasa (33,2%), diikuti Suku Sangir (19,8%), Suku Bolaang Mangondow (11,3%), Suku Gorontalo (7,4%) lalu Suku Totemboan (6,8%).

Melayu Manado merupakan Bahasa daerah Manado menyerupai Bahasa Indonesia tetapi dengan logat yang khas. Beberapa kata dalam dialek Manado berasal dari bahasa Belanda dan bahasa Portugis karena daerah ini dulu merupakan wilayah penjajahan Belanda dan Portugis.

Lagu daerah yang akrab mereka nyayikan adalah Sia Patokaan dan O Ina Ni Keke, Lagu Esa Mokan, Lagu Tahanusangkara.

Mayoritas penduduk berasal dari Suku Minahasa, menyusul Suku Sangihe Talaud, Suku Bolaang Mongondow, Suku Gorontalo dan masyarakat keturunan Tionghoa. Selain itu terdapat pula Suku Jawa, Batak, Arab, Maluku, Makasar dan sebagainya. Mayoritas penduduk disana beragama Kristen dan Katolik. Sejumlah besar gereja dapat ditemui di seantero kota. Meski demikian, masyarakat Manado terkenal sangat toleran, rukun, terbuka dan dinamis. Karenanya Kota Manado memiliki lingkungan sosial yang relatif kondusif dan dikenal sebagai salah satu kota yang relatif aman di Indonesia. Karena kota menado mempunyai semboyan "torang samua basudara (kita semua bersaudara)".

Musik tradisional dari Kota Manado dan sekitarnya adalah kolintang. Alat musik ini dibuat dari sejumlah kayu yang berbeda-beda panjangnya sehingga menghasilkan nada-nada yang berbeda.

Categories: Share